Siaran pers untuk dipublikasikan


 ULANG TAHUN SELUSIN BERSAMA AIMI,

AIMI PUSAT GELAR ACARA BINCANG EDUKATIF & SESI BERBAGI ILMU


Jakarta 28/04 –

Menjadi orang tua adalah suatu tantangan, apalagi di era digital ini informasi baik yang berasal dari sumber yang terpercaya maupun tidak, dapat dengan mudah diperoleh melalui media sosial. AIMI yang memulai kiprahnya pada tahun 2007 silam melalui milis asiforbaby sadar betul bahwa menyuguhkan informasi yang kredibel adalah sebuah perjuangan sekaligus tanggung jawab yang besar. Setelah melalui 12 tahun berbagi konten edukatif dari sumber-sumber seperti jurnal ilmiah maupun pakar kesehatan yang terus-menerus diperbarui secara berkala di situs web https://aimi-asi.org/ maupun media sosial seperti Twitter, Instagram, maupun Facebook, pada perayaan ulang tahunnya yang ke-12 ini AIMI menyuguhkan suatu rangkaian acara yang bersifat all-in-one dengan konten-konten edukatif secara langsung dari pakarnya. Acara digelar pada hari Ahad, tanggal 28 April 2019, mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB.

Kegiatan yang disponsori De Entrance Arkadia, Arkadia Green Park, BKA Indonesia, dan Perla Baby Jewelry ini dimulai dengan mengajak para ibu yang tengah mengandung beserta pasangannya untuk mempersiapkan gentle birth dengan metode prenatal yoga, dipandu oleh Dyah Pratitasari, RPYT atau yang kerap disapa Prita; seorang instruktur yoga kehamilan dari Teman Lahiran, juga seorang doula persalinan/childbirth educator, serta konselor menyusui.

Dalam pembukaan acara, Nia Umar, IBCLC, selaku ketua umum AIMI periode 2018-2023 mengatakan bahwa tujuan rangkaian acara ini adalah agar semakin banyak ibu yang #beruntungdidukung semua pihak untuk bisa menyusui. Nia menambahkan, “Keberhasilan menyusui adalah keberhasilan bersama dan begitu pula kegagalan menyusui adalah kegagalan bersama.” AIMI berharap semua pihak mulai dari pasangan, mertua, keluarga, masyarakat, tenaga kesehatan, fasilitas kesehatan, tokoh agama, pengusaha, tokoh masyarakat, pemerintah dan pemimpin bisa membuat Indonesia menjadi negara yang ramah menyusui dan menjamin hak bayi, ibu dan anak untuk menyusui.

Acara selanjutnya adalah sesi bincang edukatif seputar menyusui bersama Dr. Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM,  ketua umum AIMI 2007-2013 dan 2013-2018 Mia Sutanto, dengan Selvie Amalia selaku moderator. Bincang edukatif berikutnya disesuaikan dengan tahap pertumbuhan bayi setelah masa ASI Eksklusif yaitu mengenai MPASI, bersama Dr. Tan Shot Yen, M.hum dan Nia Umar, dengan Amanda Andono selaku moderator.

Selepas jeda, acara dilanjutkan dengan sesi berbagi ilmu seru. Nusantara Menggendong mengajak ayah dan ibu mengenal cara menggendong M-shape yang aman dan nyaman bagi anak, sedangkan Najelaa Shihab, M.Psi dari Keluarga Kita beserta Dinar Pandan Sari dari SKATA akan berbagi tips seputar perencanaan keluarga dan pengasuhan anak, dengan Irma Afriyanti sebagai moderator.

Acara kemudian ditutup dengan bincang-bincang bersama Ayah ASI dengan dipandu Sisca Baroto mengenai peran ayah dalam mendukung kesuksesan menyusui serta mengasuh anak. Keseluruhan rangkaian acara memiliki pesan yang senada dengan tema utama World Breastfeeding Week 2019 yaitu Empowering Parents, Enable Breastfeeding, bahwa mewujudkan masyarakat yang menjunjung kesetaraan gender dalam pembagian tugas pengasuhan anak sangat penting dalam mendukung kesuksesan menyusui.

Bagi para orang tua yang membutuhkan saran langsung seputar permasalahan menyusui tersedia pojok konseling AIMI, serta tersedia juga pojok bermain anak oleh Playdate Planner bagi anak-anak yang turut hadir. Sebelum acara berakhir, para peserta diajak berfoto bersama di photobooth.***

Pranala luar:
https://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/parenting/pqrt66414/najeela-shihab-ingatkan-bahaya-berkeluarga-tanpa-perencanaan
https://kumparan.com/@kumparanmom/hip-hip-hore-aimi-rayakan-ulang-tahun-ke-12-dan-kita-semua-diundang-1qxfn0tZEsM

Narahubung: Pracista Prameswari (pracista.prameswari@aimi-asi.org)


Terdapat pada kategori Siaran Pers pada 28 Apr 2019