Siaran pers untuk dipublikasikan

AIMI BREASTFEEDING FAIR 2016:

Penjuang Menyusui: Membangun GenerASI Merah Putih Penuh Kasih

Jakarta, 05/11 –

“Keberhasilan menyusui pada dasarnya berkaitan dengan kemajuan suatu Negara, oleh karena itu, ibu yang dengan penuh kasih sayang, telah menyusui, membesarkan, mengasuh dan mengasihi bayi adalah pahlawan bagi lahirnya generasi penerus bangsa. Keberhasilan proses menyusui bukan sekedar tanggung jawab ibu, dukungan dari lingkungan juga sangat mempengaruhi. AIMI melalui acara BFF 2016 akan melibatkan berbagai aspek yang dapat mendukung kebutuhan ibu menyusui dalam bentuk: dukungan psikologis, moral, nutrisi, kesehatan, hukum, dan sebagainya. AIMI ingin menyampaikan pesan bahwa kampanye menyusui bukan hanya tanggung jawab mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, tetapi juga perlu dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujar Irma, Ketua Panitia Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Breastfeeding Fair (BFF) 2016. BFF kali ini berlokasi di Sumarecon Digital Centre, Tangerang dan diselenggarakan selama 2 hari yaitu tanggal 5 dan 6 November 2016.

Kegiatan yang disponsori oleh Sorella, Jesika JNE, Sleek Baby, OLX, Gabag, JC Freezer, RS Kemang Medical Care, BKA, Hanifa dan Rumah Camelia ini melibatkan beragam komunitas. Komunitas yang turut serta meramaikan BFF 2016 antara lain Komunitas Ayah ASI Indonesia dan Komunitas Keluarga Kita. “Kami ingin memperluas dukungan bagi ibu menyusui, agar masyarakat, pemerintah maupun pihak swasta semakin memahami bahwa memberi dukungan bagi ibu menyusui adalah tugas dan tanggung jawab semua pihak. Dan, ini adalah hal yang sangat menguntungkan, karena pemberian dukungan kepada ibu menyusui merupakan investasi masa depan.” ujar Mia Sutanto – Ketua Umum AIMI Pusat di tempat yang sama. “Bayangkan betapa banyak devisa negara yang bisa dihemat jika kita tidak perlu lagi mengimpor formula bagi bayi. Selain itu penghematan dilakukan juga di berbagai sektor. Bayi yang menyusu pada ibunya lebih jarang sakit maka akan menghemat biaya kesehatan. Ia juga memiliki SQ, EQ dan IQ yang lebih tinggi, inilah investasi masa depan yang tak ternilai harganya,” lanjut Mia.

AIMI sebagai komunitas ibu menyusui yang mandiri selalu mengajak berbagai pihak turut serta dalam gerakan menyusui. Hal ini terlihat dari jumlah cabang yang telah mencapai 15 cabang dalam waktu 9 tahun sejak berdiri pada tanggal 21 April 2007. Setiap kepengurusan cabang (setingkat provinsi) harus melibatkan masyarakat lokal, pemerintah daerah, pihak swasta, dan komunitas setempat. “Dengan demikian, diharapkan perjuangan ibu-ibu menyusui untuk mendapat dukungan cukup kuat, solid dan jangka panjang,” jelas Mia.

Kebutuhan dukungan bagi ibu menyusui bukan hanya pada aktifitas menyusui saja. Namun lebih dari itu ibu perlu didukung dalam menjaga kestabilan emosi dan fisik, meningkatkan pengetahuan mengenai nutrisi keluarga, ilmu pengasuhan anak, hingga mengenai pengelolaan keuangan keluarga.


Rangkaian Kegiatan

Untuk itulah Panitia AIMI BFF 2016 mengemas acara yang komprehensif sejak hari Sabtu, 5 November 2016 pukul 07.00 WIB hingga Minggu, November 2016 pukul 20.00 WIB.

Sabtu 5 November 2016

Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB dengan Yoga Mom and Me bersama Lalaland Yoga. Acara yoga ibu dan anak ini merupakan waktu menjalankan kegiatan berkualitas untuk meningkatkan bonding antara ibu dan anak sambal bersama-sama menjaga kebugaran badan. Kegiatan pagi di BFF 2016 dilanjutkan dengan aktivitas anak bersama dengan Ayo Main.

Peresmian AIMI BFF 2016 dibuka oleh penampilan dari Rafa International Dance School dan Paduan Suara Tara Salvia. Pada pukul 12.30 WIB akan dimulai Acara Peresmian AIMI BFF 2016 yang menurut rencana akan dibuka oleh Ibu Airin Rachmi Diany – Gubernur Banten, didampingi oleh Mia Sutanto – Ketua Umum AIMI, Nia Umar – Wakil Ketua Umum AIMI dan Farahdhiba Tenrilemba – Sekjen AIMI.

Acara dilanjutkan dengan talk show "Menyusui Membangun Kekuatan Negara” dengan narasumber dr. Utami Rusli dan Mia Sutanto, dan akan menghadirkan Ibu Linda Gumelar dan Ibu Rahelia Sasmita sebagai bintang tamu, dengan dipandu oleh Sisca Baroto dari AIMI.

Hiburan dan kegiatan edukatif bagi anak-anak dan orangtua juga telah disiapkan untuk mengisi acara BFF di hari pertama, yaitu workshop bersama Theraplay dengan tema “Menyampaikan Cinta Kepada Anak Bayi Melalui Theraplay” dan aktivitias outdoor mini futsal bersama Little Kickers.

Rangkaian acara AIMI BFF 2016 hari pertama ini juga diisi dengan talkshow dengan tema “It’s Ok to Let Go” dari OLX, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya para ibu mengenai dampak positif dari melepaskan barang-barang yang sudah tidak terpakai di rumah. Selama dua hari pelaksanaan AIMI BFF 2016, OLX juga mengadakan Pasar Terbuka OLX, yang 20 persen dari hasil penjualannya akan didonASIkan bagi kegiatan kampanye menyusui oleh AIMI.

Pada 18.30 WIB Stage Atrium akan diisi dengan talk show bersama Ayah ASI, bertema “Ayahku Pahlawan Menyusuiku” menghadirkan bintang tamu Omesh dan Dian Ayu, dengan narasumber dan dipandu oleh Adit dari Komunitas Ayah ASI.

Rangkaian kegiatan AIMI BFF di hari Jumat ini ditutup dengan hiburan dari Radhini.

Minggu, 6 November 2016

Hari kedua AIMI BFF 2016 dibuka dengan Fun Run 1.2K Bersama Ayah ASI di area Car Free Day SDC Serpong, yang dimulai pada pukul 07.00 WIB. Ayah ASI Run ini merupakan ajang bersenang-senang antara ayah dan anak-anaknya. Kegiatan Ayah ASI Run akan ditutup dengan Family Zumba bersama dengan Dewi Indira.

Hiburan dengan anak di hari kedua BFF diawali dengan Dongeng bersama tante Liza dan om Sogi dari Kids Area 105.8 Lite FM. Dilanjutkan dengan talk show pada pukul 12.00 WIB dengan tema “Generasi Berprestasi” dengan narasumber Farahdiba Tenrilemba dan putranya Rafa Jafar, penggagas gerakan nonprofit kumpul Ewaste @ewasteRJ, dengan bintang tamu Enno Lerian, dan dipandu oleh Bona Dea dari ?. Setelah Talkshow “Generasi Berprestasi” pengunjung AIMI BFF 2016 akan dihibur oleh penampilan dari siswa-siswi Sekolah Gemala Ananda dan TK Hanifa.

Pukul 15.00-16.00 di Stage Atrium akan diadakan aktivitas workshop untuk anak dan permainan untuk keluarga bersama Playdate Planner dengan tema “Membuat Hadiah untuk Ibu”. Bersamaan dengan itu, di area outdoor anak-anak juga dapat mengikuti mini futsal bersama para pelatih dari Little Kickers.

Pada pukul 16.00, komunitas Keluarga Kita akan berbagi di acara talk show dengan tema “Disilin Positif Membangun Generasi Berprestasi” yang menghadirkan narasumber Najella Shihab dari Keluarga Kita dan bintang tamu Yuyuk Andriati dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta dipandu oleh Valerina Daniel. Talkshow ini akan diakhiri dengan hiburan dari penyanyi Citra Utami.

Sesi talk show terakhir di penghujung acara AIMI BFF 2016 mengangkat tema “Pejuang Menyusui Membangun GenerASI Penuh kASIh” yang merupakan tema besar dari AIMI BFF ke-9, tahun ini. Talkshow yang rencananya akan dimulai pada jam 18.30 – 19.30 WIB ini akan menghadirkan Nia Umar sebagai narasumber dan Tantri Kotak sebagai bintang tamu, dengan dipandu oleh Adenita dari AIMI..

Seluruh rangkaian kegiatan AIMI BFF 2016 akan ditutup dengan hiburan oleh 5 Romeo pada pukul 19.30 - 20.00 WIB.

“Melalui kegiatan AIMI BFF 2016 kami ingin kembali mengingatkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menyusui dalam membangun generasi penerus bangsa. Harapan kami adalah ibu menyusui tidak merasa berjuang sendiri, karena keluarga, masyarakat, dan negara semakin memahami cara memberikan dukungan yang tepat terhadap proses menyusui yang hanya dilakukan sekali sampai anak berusia dua tahun atau lebih, akan tetapi memberikan dampak positif seumur hidup sang anak,” pungkas Irma A. Bakhtiary, Ketua Panitia AIMI BFF 2016 di penghujung acara.(*)

3Untitled.jpg

2unnamed.jpg

1unnamed.jpg

unnamed.jpg


Terdapat pada kategori Siaran Pers pada 05 Nov 2016

Informasi Lainnya