BERSALIN DI TENGAH PANDEMI

Hi Moms!

Sebagaimana kita tahu, masyarakat sekarang disarankan untuk tidak mengunjungi RS kecuali jika memang untuk keadaan genting/ darurat. Lalu bagaimana dengan bumil yang harus secara berkala memeriksakan kondisi janinnya dan akan bersalin?

Selain faskes biasanya akan meminta bumil untuk melakukan serangkaian tes/ screening sebelum persalinan, mari kita simak artikel Panduan Melahirkan Kala Pandemi yang dibahas oleh dr. Rino Bonti Tri H. S., SpOG dari klinik SamMarie Wijaya yang menyarankan agar bumil menjalankan langkah pencegahan penularan virus secara mandiri saat berkunjung ke RS serta menyiapkan kondisi fisik dan mental menjelang persalinan. 



KIAT BUMIL CEGAH INFEKSI COVID-19

Lalu bagaimana dengan ibu hamil yang secara berkala perlu mengetahui perkembangan janin? Dan apakah ibu hamil bisa terkena Covid-19?

Menurut WHO, karena saat hamil wanita mengalami perubahan pada tubuhnya begitu pula dengan sistem imunitasnya, maka mereka pun sebenarnya tidak terhindarkan dari Covid-19. Maka dari itu sangat penting bagi ibu hamil untuk segera konsul kepada dokter kandungan atau bidan--usahakan untuk berkonsultasi via telepon/ chat dengan dokter/ bidan yang biasa menangani Anda atau gunakan aplikasi telemedicine terlebih dahulu sebelum tatap muka-- jika mengalami gejala batuk, demam, dan kesulitan bernapas).

Selain itu, selalu terapkan PHBS (Pola Hidup Bersih & Sehat), gizi yang seimbang, jaga jarak & hindari bersalaman, tutup mulut dan hidung dengan siku/ tissue jika batuk & bersin, dan usahakan tidak memegang area wajah jika tangan tidak bersih.



HAMIL WHO

Memiliki buah hati adalah saat yang paling membahagiakan bagi pasangan suami istri. Apalagi, jika dibutuhkan waktu hingga Anda akhirnya dinyatakan positif. Momen melihat perkembangan janin menjadi hal yang paling ditunggu tiap bulannya. Oleh karena itu Moms pasti setuju kalau setiap ibu hamil berhak untuk mendapatkan pengalaman dan pelayanan persalinan yang aman dan positif mulai dari masa kehamilan, persalinan, hingga paska persalinan-- termasuk menyusui. 

Padahal saat hamil wanita mengalami perubahan pada tubuhnya begitu pula dengan sistem imunitasnya, maka mereka pun sebenarnya tidak terhindarkan dari Covid-19.  Maka dari itu sangat penting bagi ibu hamil untuk memahami langkah-langkah demi menjaga tubuh agar terhindar dari infeksi virus hingga layanan yang semestinya diperoleh jika termasuk dalam kelompok PDP atau positif.



RUMAH BEBAS VIRUS

Memang saat pandemi seperti sekarang ini, kita "dituntut" agar tetap beraktivitas di rumah saja untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran virus. Sisi positifnya, kita jadi punya lebih banyak memiliki waktu berkualitas bersama keluarga loh! Anak bisa bermain bersama orangtuanya, Ayah bisa mendampingi anaknya belajar, Ibu pun bisa lebih sering menyajikan menu favorit keluarga. Tapiii, dengan semakin banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah, rumah biasanya jadi lebih cepat kotor dan lebih sering berantakan. Bahkan rumah bisa jadi sarang virus dan bakteri kalau jarang dibersihkan. 

Nah, bebersih rumah yang biasa dilakukan sehari-hari tentunya akan berbeda dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini, saat penyebaran virus corona berlangsung begitu cepat. Apalagi, jika kita tinggal di daerah yang memberlakukan status tanggap darurat dan KLB (Kejadian Luar Biasa). Apa saja yang perlu dibersihkan dan bagaimana cara membersihkannya agar tidak ada tempat yang berpotensi dihinggapi virus? Ikuti panduan membersihkan rumah berikut ini ya.












Terdapat pada kategori Artikel pada 26 Jun 2020

Informasi Lainnya

SESI ONLINE AIMI (SELAMI) Menyusui

MPASI Terbaik Pada Masa Pandemi Covid 19

Seminar Daring Pekan Menyusui Dunia 2020

Sesi Online AIMI (SELAMI) Sesi MPASI