PANDUAN MENYUSUI DI MASA PANDEMI

 

Hai Moms!

Ngomongin soal busui yang ingin tetap memberikan ASI Exclusive (ASIX) selama 6 bulan pertama dan bahkan melanjutkan sampai usia 2 tahun di masa pandemi saat ini pasti jadi bahan pertimbangan yang tidak main-main. 

Apalagi ibu-ibu zaman sekarang sudah teredukasi dengan baik betapa penting dan besar manfaat ASI pada perkembangan kognitif, emosi, dan mental anak.Jadi kira-kira bagaimana busui yang tergolong ODP dan PDP harus menghadapi ini? Apakah harus berhenti memberikan ASI? Jawabannya, tidak. Busui masih bisa menyusui kok tapi tentu mengikuti panduan yang sudah Kemenkes berikan ya. Baca selengkapnya di sini ya.



PENTINGNYA MENYUSUI DI MASA PANDEMI

Saat ini Pemerintah telah mengambil berbagai tindakan untuk menghentikan penyebaran virus corona dengan menghimbau masyarakat untuk menjaga jarak fisik minimal satu meter dari orang lain. Namun pesan ini jangan malah membuat para busui jadi takut untuk menyusui bayinya ya.

Semua bukti menunjukkan bahwa menyusui sangat aman. Faktanya, virus ini belum pernah ditemukan di dalam ASI. Jadi, bersama-sama dengan @skata_id kami ingin mendorong para ibu untuk melanjutkan pemberian ASI kepada bayi dan anak hingga usia 2 tahun. Sebab ASI adalah sumber perlindungan dan gizi terbaik bagi anak karena mengandung antibodi penting dan zat gizi lain yang bisa membantu sistem daya tahan tubuh bayi melawan infeksi.



YANG SERING DITANYAKAN TERKAIT MENYUSUI SAAT PANDEMI

Kami yakin masih banyak Moms yang punya banyak pertanyaan seputar menyusui di masa pandemi. Nah, kami sudah mengumpulkan 9 pertanyaan yang seringkali menjadi kekhawatiran para busui, terutama mereka yang termasuk kategori ODP/ PDP/ positif terinfeksi COVID-19. Misalnya apakah penyebaran virus bisa melalui ASI? Lalu apakah sebaiknya memberikan “tambahan” formula bayi? 

Prinsipnya, besarnya manfaat menyusui sebenarnya jauh melebihi potensi risiko penularan dan penyakit yang terkait COVID-19. Jadi, semangat mengASIhi terus ya Moms!



PESAN PENTING MENGASIHI DI MASA PANDEMI

Situasi pandemi seperti sekarang ini pastinya memberikan tantangan yang tersendiri bagi ibu menyusui. Banyaknya berita yang beredar terkadang bukannya melegakan, namun malah seringkali menimbulkan kecemasan yang berakhir pada keraguan. “Bisakah saya memberikan ASI pada bayi saya?” atau “akankah bayi saya tertular jika saya terinfeksi?” dan masih banyak pertanyaan yang bermunculan di benak ibu menyusui.

Padahal kondisi seperti ini merupakan momen yang paling tepat untuk memberikan asupan yang terbaik bagi bayi lewat pemberian ASI. Manfaat yang begitu besar dan banyak bukan hanya untuk bayi namun juga bagi ibu perlu dipahami dan diketahui oleh para ibu menyusui secara luas. Jadi ada 3 pesan penting yang perlu Moms ketahui agar tetap semangat memberikan ASI. 






Terdapat pada kategori Artikel pada 06 Jul 2020

Informasi Lainnya