MENYIMPAN SAYUR ADA ILMUNYA LHO!


Hai Moms!


Kondisi PSBB seperti ini pasti "memaksa" kita untuk tidak jajan di luar dan mendadak kita semua jadi harus turun ke dapur untuk menyiapkan makanan sendiri, mulai dari proses belanja, mencuci, menyimpan di kulkas, dan memasaknya. Padahal mungkin biasanya kalau tidak sempat masak tinggal beli bubur ayam di pinggir jalan atau jajan di kantin kantor. Meskipun ada layanan pesan antar, tapi tidak mungkin hal ini dilakukan setiap hari.

Sayangnya seringkali kita tidak terlalu memerhatikan langkah mencuci dan menyimpan makanan terutama sayur begitu setelah selesai belanja. Bisa jadi setelah disimpan wortel malah jadi keriput, bayam layu, atau bumbu dapur mengering?! Nah, ternyata menyimpan bahan masakan agar awet lebih lama di lemari atau kulkas itu memang ada tips & triknya loh, Teman Skata!

Selengkapnya bisa liat artikelnya ya!



MENJAGA NUTRISI IBU HAMIL DAN MENYUSUI



"Yah, beliin nasi goreng kambing dong setelah pulang kantor!" Memang urusan ngidam ini cukup menjadi tantangan bagi bumil, apalagi pada trimester awal saat perut sering mual sehingga ingin makan makanan yang nyaman di perut saja. Akhirnya bumil pun lupa dengan kandungan asupan yang semestinya dikonsumsi. Kebiasaan makan ini pun akhirnya terbawa sampai trimester berikutnya, dan tanpa disadari selain berat badan bumil yang meningkat pesat, akhirnya asupan yang dibutuhkan janin pun tidak tercukupi dengan baik.


Begitu pula dengan ibu menyusui membutuhkan ekstra kalori untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat menyusui. Menurut  Kemenkes RI, sekiranya ada 10 pedoman gizi berimbang:

  1. Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok

  2. Batasi  konsumsi pangan manis, asin, dan berlemak

  3. Lakukan aktivitas fisik yang aman sesuai dengan saran nakes, khususnya untuk ibu hamil

  4. Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi

  5. Cuci tangan pakai sabun di bawah air mengalir

  6. Biasakan sarapan pagi

  7. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman

  8. Banyak makan buah dan sayur

  9. Biasakan membaca label pada kemasan pangan

  10. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan


Yuk, kita simak dengan lengkap di sini



6 KUNCI KEAMANAN PANGAN

Berbicara soal kesehatan, tentu erat kaitannya dengan asupan alias pangan. You are what you eat. Istilah ini bukan sekedar jargon belaka, sebab agar mendapatkan kesehatan yang mutlak, asupan pangan memang harus bergizi dan berkualitas. Pangan berkualitas dan bergizi yang dimaksud adalah yang memenuhi jumlah kandungan nutrisi berupa karbohidrat, protein, lemak dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Ingat, cukup ya bukan berlebihan! 

Tapi, bukan hanya jenis pangan dan asupan nutrisinya saja loh yang harus Moms perhatikan, melainkan juga keamanan saat pengolahan. Maka, agar menjaga kualitas pangan agar tetap pada kondisi yang baik, ada beberapa cara dalam melakukannya. 

Selengkapnya segera meluncur ke artikelnya ya!



CARA BERBELANJA AMAN SAAT PANDEMI

Tentunya saat masih diberlakukan PSBB secara penuh, banyak dari kita yang sangat bergantung belanja secara online, baik via aplikasi ataupun chat. Namun karena sekarang kita sudah memasuki fase Adaptasi Kebiasaan Baru/ AKB (new normal), sudah banyak mall, pasar modern, dan tradisional yang beroperasi kembali. Meskipun sampai saat ini belum ada kasus penularan melalui makanan atau kemasan makanan, namun tentu kita tetap harus waspada dan menjalankan protokol COVID-19 agar penyebaran virus tidak semakin bertambah. 

Agar kita tetap terlindungi  dari virus, maka setidaknya ada 3 langkah umum yang patut dijalankan oleh Moms saat berbelanja.











 





 









Terdapat pada kategori Artikel pada 09 Jul 2020

Informasi Lainnya

SESI ONLINE AIMI (SELAMI) Menyusui

MPASI Terbaik Pada Masa Pandemi Covid 19

Seminar Daring Pekan Menyusui Dunia 2020

Sesi Online AIMI (SELAMI) Sesi MPASI